Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Berlubang


Gigi merupakan bagian tubuh yang begitu penting sekali, coba bayangkan saja kalau tanpa adanya gigi pastinya kita sangat kesulitan ketika mengunyah makanan. Maka dari itu keberadaan gigi ini sangat dibutuhkan oleh manusia dan tentunya harus sehat. Pernahkah Anda mendengar pepatah lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati? Mungkin yang bilang seperti itu belum pernah merasakan sakit gigi. 

Seperti apa rasanya sakit gigi ini?

Bisa dibilang sangat sakit, berasa sangat ngilu. Biasanya gigi yang sakit ini akibat dari gigi yang berlubang, bisa juga akibat dari gusi yang bengkang. Nah kali ini kita akan mencoba membahas mengenai cara untuk mengatasi gigi yang berlubang, supaya tidak sakit lagi. Bagaimana caranya?

Yuk Simak Selengkapnya mengenai Cara Mengatasi Sakit Gigi Yang Berlubang

1. Melakukan Tambal Gigi
Menambal gigi yang berlubang sebagai salah satu tindakan yang selama ini sering dilakukan oleh mereka yang memiliki gigi berlubang. Biasanya dalam hal ini dokter akan membuat bagian gigi yang sudah rusak dengan menggunakan bor yang khusus, selanjutnya dokter akan membuat bagian gigi yang berlubang dengan menggunakan bahan khusus, contohnya yaitu seperti porselen, emas, perak, atau komposit.

2. Menggunakan Fluoride
Menggunakan Fluroide tersebut pada umumnya dilakukan kalau lubang giginya masih sangatlah kecil, atau bisa dibilang masih dalam tahap permulaan. Biasanya disini dokter akan menggosok fluoride nya yang jenis cair, busa, gel atau pernis ke gigi selama dalam beberapa menit. Kandungan fluoride untuk perawatan ini tentunya juga lebih banyak dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

3. Prosedur Crown
Kalau gigi berlubang Anda mengalami pembusukan yang cukup parah, sehingga menjadikan gigi Anda rapuh, biasanya dalam hal ini dokter akan membuat crown. Biasanya dalam hal ini dokter akan memasang mahkota gigi yang palsu berada di atas gigi yang sudah rusak.

Kemudian pada nantinya, sebagian dari gigi yang rusak akan dikikis serta disisakan sebagai kecilnya sebagai tumpuan dari mahkota gigi palsu. Crown palsu tersebut biasanya terbuat dari emas, porselen, resin, porselen fusi logam, ataupun biasanya dari bahan lainnya.

4. Perawatan Saluran Akar
Berikutnya yaitu mengatasi gigi yang berlubang bisa dengan menggunakan root canal atau dengan melakukan perawatan saluran akar. Nah jika Anda menggunakan perawatan gigi berlubang yang satu ini dilakukan jika pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa) atau pada saraf yang sudah mati.

Biasanya dalam hal ini dokter akan membuang jaringan saraf, untuk setiap daerah yang busuk. Selanjutnya sesudah dibersihkan, biasanya dokter akan menambal atau memberikan crown supaya gigi tidak perlu dicabut.

5. Mencabut Gigi
Ini merupakan cara yang terakhir biasa dilakukan ketika gigi Anda sudah tidak bisa lagi untuk diselamatkan, mau tidak mau tentunya harus di cabut. Gigi yang dicabut tersebut biasanya meninggalkan ruang atau celah yang sangat memungkinkan gigi lainnya bergeser. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut, maka dokter menyarankan untuk membuat bridge atau gigi implan untuk menggantikan gigi yang sudah dicabut.

Bagaimana Gigi Kamu?

Jika Anda mengalami sakit gigi, maka beberapa cara diatas bisa menjadi referensi untuk Anda, dalam hal ini juga harus mengenali terlebih dahulu bagaimana gigi Anda tersebut sakit seperti apa. Jika sudah tahu kenapa gigi Anda sakit dan berlubang, maka selanjutnya mengambil tindakan selanjutnya. Nah lebih baik tidak sakit gigi dan tidak sakit hati kan? Karena dari kedua hal tersebut tidak ada yang lebih baik. Semoga informasinya bermanfaat ya sobat?

Posting Komentar

0 Komentar