Tips Menggunakan “In” untuk Keterangan Waktu Bahasa Inggris


Kata in sebenarnya merupakan salah satu preposisi dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Preposisi satu ini digunakan untuk menjelaskan suatu waktu ketika terjadinya peristiwa. Selain digunakan untuk menyatakan waktu, preposisi in juga bisa digunakan untuk menjelaskan tempat peristiwa. Namun, pada artikel ini akan lebih berfokus kepada cara menggunakan in dalam menjelaskan waktu terjadinya peristiwa.

Pemakaian “In” Serta Contoh Penggunaannya

Preposisi in digunakan untuk menjelaskan berbagai keterangan waktu yang memiliki rentang relative cukup panjang ketimbang at dan on. Berikut contoh penggunaannya.

1. Untuk menyatakan bulan
Preposisi in digunakan untuk menyatakan bulan dalam satu tahun. Contoh penggunaannya adalah seperti berikut: 

- My younger sister’s birthday is in January

2. Untuk menyatakan tahun
Preposisi in digunakan untuk menyatakan tahun dari terjadinya suatu peristiwa. Contoh penggunaannya adalah seperti berikut: 

- My daughter was born in 2009

3. Untuk menyatakan abad
Selain tahun, preposisi in juga digunakan untuk menjelaskan keterangan abad. Contoh penggunaannya adalah seperti berikut: 

- Mobile phone was invented in 19th century

4. Untuk menyatakan waktu
Preposisi in digunakan untuk menjelaskan suatu rentang waktu spesifik terjadinya peristiwa, seperti in the afternoon, in the morning, in the evening. Contoh penggunaannya adalah seperti berikut: 

- Dinda and Sambi have an appointment to meet in the evening

5. Untuk menyatakan musim
Preposisi in digunakan untuk menjelaskan keterangan musim. Musim yang ada seperti spring, summer, fall, winter dijelaskan dengan preposisi in. Contoh penggunaannya adalah seperti berikut: 

- Arini will go to United States in the summer.

6. Untuk menyatakan periode
Preposisi in digunakan untuk menjelaskan keterangan periode tertentu, seperti masa lalu (in the past), dan juga masa depan (in the future). Contoh penggunaannya adalah seperti berikut: 

- This is the first time I go abroad by myself in twenty years of my life. 
- I want to be an engineer in the future

Masih banyak lagi pemanfaatan preposisi in yang harus Anda pelajari. Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di EF Adults untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Posting Komentar

0 Komentar