Prestasi IPB University


Siapa sih yang tidak kenal dengan IPB, ini merupakan sebagai salah satu Institusi yang terkenal dengan berbagai prestasi. Baru-bari ini Dosen IPB juga terdengar memiliki prestasi yang luar biasa, yang tercatat juga sebagai prestasi Rektor IPB University. Kita tahu bahwasannya IPB merupakan sebagai sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang memiliki tempat dan berkedudukan ada di Bogor.

Sebelum kampus ini diresmikan pada tahun 1963, IPB ini notabenya sebagai fakultas pertanian dari Universitas Indonesia. Kemudian pada tanggal 1 september 1963, Presiden Ir. Soekarno menetapkan bahwa kampus Institusi Pertanian Bogor sebagai salah satu perguruan tinggi Mandiri, yang dimana peresmian tersebut diikuti dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Pertama Indonesia itu sendiri.

Institut Pertanian Bogor ini merupakan Lembaga Pendidikan tinggi yang memiliki historis yaitu sebagai bentukan dari Lembaga-lembaga Pendidikan menengah dan tinggi pertanian dan kedokteran hewan yang sudah dimulai pada abad ke 20 di bogor. Sebelum datangnya perang dunia ke II, lembaga-lembaga pendidikan menengah ini dikenal dengan nama Middelbare Landbouwschool, Middelbare Bosbouwschool dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool.

Saat ini IPB memiliki lokasi berada di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Berdirinya IPB ini berdasarkan keputusan dari  Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang selanjutnya disahkan oleh Presiden RI Pertama yaitu dengan Keputusan No. 279/1965.

Pada saat itu dari dua fakultas di Bogor yang ada di dalam naungan UI berkembang menjadi sebanyak 5 fakultas, yaitu mulai dari Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan dan Fakultas Kehutanan. Selanjutnya pada tahun 1964, lahir Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang pada saat ini menjadi Fakultas Teknologi Pertanian.

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) kini sudah bertransformasi menjadi IPB University setelah menginjak usia 56 tahun. Selain itu pada tahun ini juga menjadi sebagai tahun prestasi bagi IPB. Hal tersebut diungkapkan oleh Arif Satria saat berpidato di hadapan para wisudawan tahap 1 tahun akademik 2019/2020 selaku rector dari IPB Unibersity, yang saat itu berada di Gedung Graha Widya Wisuda Kampus Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Prestasi yang diraih IPB pada tahun ini yaitu berhasil masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia pada bidang agrikultur dan kehutanan.

IPB ini sebagai satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk 100 besar di dunia sesuai dengan bidang yang dimilikinya. Bidangnya yaitu agrikultur yaitu mendapat peringkat 74 dunia.

Kemudian pada tingkat Asia IPB ini masuk dalam peringkat ke 12, tak ketinggalan juga masuk dalam The Most Sustainable University in the World versi Green Metric dalam kategori 40 besar.
Bukan hanya prestasi di luar negeri namun juga prestasi dalam negeri perguruan tinggi ini tercatat memiliki peringkat ketiga sebagai perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia setelag Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM)

Prestasi lainnya yang dimiliki ole IPB yaitu berhasil memperoleh posisi terbaik untuk web dan memperoleh penghargaan Anugrah Iptek Widya Padi 2019. selanjutnya mendapatkan penghargaan science techno park terbaik 2019 di Indonesia dengan menempati peringkat satu.

Nah disinilah merupakan salah satu pilihan yang ditenagai dengan orang-orang pilihan. Dosen IPB telah berhasil untuk mencatatkan universitasnya dalam Pendidikan Dunia. Tentu ini semua karena kerja keras dan kemauan yang kuat untuk mencapai prestasi kerja yang terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar