Fisik dan Mental Perlu Dipersiapkan Sebelum Futsal

Saat ini, olahraga futsal tidak hanya digemari oleh kaum adam. Mulai berkembang juga bahwa kaum hawa pun ikut menggemari olahraga yang satu ini. Mungkin kamu bertanya apa yang perlu dipersiapkan sebelum futsal itu ? persiapan sebelum bertanding perlu dilakukan. Terlepas apakah pertandingan persahabatan, pertandingan resmi atau pertandingan rutin bersama teman. Kebanyakan orang yang mengalami cedera saat futsal dikarenakan minimnya persiapan.

Persiapan Fisik
Perhatikan pola makan sebelum bertanding. 3 jam sebelum bertanding sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan berat. Makan di waktu tersebut dapat menyebabkan sakit perut atau sulit bergerak. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengenyangkan seperti pisang atau apel. Selain mengenyangkan, buah juga lebih kaya nutrisi dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan. 

Hindari juga minuman berenergi dan kopi, apalagi rokok yang jelas dilarang. Minuman berenergi memiliki kadar kafein tinggi sehingga jantung berdegup lebih kencang dan tubuh mudah lelah. Banyak kasus yang menyebabkan kematian setelah minum minuman berenergi kemudian olahraga futsal. 

Pakailah pakaian yang nyaman dan celana dalam khusus untuk melindungi alat vital. Selain itu lengkapi kaos kaki dengan dekker agar tulang kering pada betis terlindungi saat terjadi benturan. Lakukan pemanasan 2 jam sebelumnya. Sehingga sesampainya di lapangan kamu tinggal pemanasan ringan saja dan siap bertanding. Kamu akan bebas cedera dan tubuh lebih mudah dikendalikan.

Persiapan Mental
Berpikir positif turut mempengaruhi mental bertanding. Alihkan pikiran dari pertandingan futsal. Saat membayangkan permainan sebelum pertandingan yang sesungguhnya, otak akan mengalami kelelahan. Sikap tubuh yang tegap dapat menambah rasa percaya diri. Jika kamu terlalu sering menunduk berpengaruh pada ketenangan dan konsentrasi bermain. Sehingga situasi dan kondisi lapangan sulit dikontrol. 

Kedua persiapan di atas memang sering dilupakan oleh para pemain futsal. Maka dari itu, jika kamu ingin memulai futsal, mulai dengan persiapan yang maksimal. Fisik dan Mental Perlu Dipersiapkan Sebelum Futsal agar kamu meraih kemenangan dan kualitas permainan yang baik. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar