Mau Beli Rumah? Ini Tipsnya


Sebagian orang tentu memiliki keinginan untuk hidup layak dan memiliki rumah. Rumah bukan saja menjadi tempat berteduh dan berkumpul untuk seluruh keluarga. 

Rumah juga merupakan sebuah investasi yang juga cukup menguntungkan di masa depan, sebab setiap tahunnya harga rumah terus berangsur naik. Meski demikian, rupanya tidak semua orang bisa membeli rumah sendiri karena kondisi keuangan yang terbatas. Bagi anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, katakanlah Rp 5 juta per bulan, mungkin akan merasa cukup kesulitan untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.

Rekomendasi: Cek Perumahan Cimanggis Terbaru

Namun, sesungguhnya, berapapun gaji anda, bukanlah kendala utama untuk bisa mewujudkan hal itu. Anda bisa saja membeli rumah secara kredit, namun tetap harus hati-hati dengan penerapan sistem bunga KPR yang bisa memberatkan anda saat mencicilnya. Lalu, apakah solusi untuk anda yang masih berpenghasilan pas-pasan, sementara keinginan membeli rumah begitu menggebu sebagai kebutuhan anda di masa depan? Di bawah ini akan diuraikan beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membeli rumah meski dengan gaji yang pas-pasan.

Mau Beli Rumah? Ini Tipsnya
Lakukan perencanaan yang detail
Setelah berniat untuk punya rumah sendiri, maka mulailah dengan melakukan perencanaan detail dengan informasi rumah yang sesuai keinginan anda. Cari informasi mulai dari tipe rumah, lokasi serta harga rumah tersebut.Kemudian anda bisamenyesuaikan dengan kondisi keuangan anda dan jangan memaksakan untuk membeli rumah di luar kemampuan finansial anda.

Menabung untuk mewujudkan impian beli rumah
Seperti kita tahu harga rumah akan terus meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu, anda harus memutuskan untuk membeli rumah dengan cara menabung. Misalnya, rumah yang sesuai dengan keinginan anda berharga Rp 200 juta, bila ingin membeli secara kredit, maka anda harus memperhitungkan dan menyiapkan dana untuk membayar uang sekitar Rp 40 jutaan.

Selain biaya uang muka, anda juga harus menyiapkan dana untuk biaya bank dan notaris, mungkin dana yang harus disiapkan menjadi Rp 60 juta.Harga tersebut merupakan harga saat ini, sedang untuk 5 tahun ke depan, tentu akan meningkat lagi harganya.

Posting Komentar

0 Komentar