Kandungan Nutrisi Dalam Susu Ibu Hamil


Masa kehamilan merupakan masa yang tepat untuk meningkatkan asupan nutrisi baik makanan atau melalui susu sebagai suplemen pelengkap. Banyak produk susu diiklankan di pasaran, namun banyak juga ibu hamil yang belum mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya. Sebab, susu juga mengandung nutrisi-nutrisi yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

- DHA
Asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin atau DHA menjadi salah satu nutrisi yang terkandung dalam susu ibu hamil. Menurut penelitian, DHA dalam diet ibu meningkatkan perkembangan otak dan memengaruhi IQ pada anak. 
Selain susu, kandungan DHA juga sering ditemukan dalam merk multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi yang sering ditemukan di pasaran. 

- Asam Folat
Vitamin terpenting yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, asam folat juga menjadi nutrisi dalam susu ibu hamil. Kebutuhan asam folat ibu hamil adalah 400 hingga 800 mcg. Konsultasikanlah dengan dokter jika anda juga mengkonsumsi asam folat secara terpisah dari sumber makanan seperti sayur-sayuran hijau: bayam, brokoli, asparagus atau buah-buahan: alpukatm jeruk, tomat dan papaya.

- Zat Besi
Susu ibu hamil juga mengandung zat besi, yang berguna untuk membentuk sel-sel darah merah yang kebutuhannya meningkat selama masa kehamilan. Zat besi bisa mencegah anemia atau keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah, pada ibu hamil. Konsumsi zat besi juga dapat mengurangi risiko bayi dengan berat badan di bawah normal.

- Kalsium
Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan dijawab susu ibu hamil dengan kandungan di dalamnya. Perlu adanya sekitar 1200 miligram kalsium per hari untuk ibu hamil. 
Jika ibu tidak dapat memenuhi kalsium saat hamil, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan janin. Untuk itu oenting mengkonsumsi susu yang rata-rata memiliki 276 miligram kalsium per gelas. 

- Vitamin D
Salah satu nutrisi pendukung kalsium untuk kebutuhan tulang dan gigi janin adalah vitamin D. Susu untuk ibu hamil harus mengandung vitamin D untuk mengurangi risiko multiple sclerosis pada anak.


Posting Komentar

0 Komentar