Mengenal Data Analyst dan Jenis-Jenis Data Analytics


Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis. Apapun jenis bisnis anda baik itu memulai bisnis kuliner, bisnis retail dan bisnis startup-up yang saat ini sudah banyak kita temukan setelah perkembangan dunia digital sangat maju dan berkembang pesat. Jadi ketika kita akan memulai bisnis tentunya banyak yang harus kita perhatikan dan juga rencanakan, seperti kesiapan kita dalam menjalankannya, modal bisnis, tujuan pasar, dan konsumen. 

Untuk mempermudah dalam mengambil keputusan dalam berusaha kita perlu skill menganalisis data agar usaha kita dapat berjalan dengan lancar atau bisa juga menggunakan jasa yang biasa disebut dengan istilah Data Analyst. Data Analyst dapat membantu kita mengetahui jalan usaha atau bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan juga perilaku konsumen terhadap produk yang kita pasarkan nantinya. 

Meskipun tidak ada jaminan seratus persen dalam memulai bisnis tersebut akan berhasil,  namun secara teori jika dengan persiapan yang matang kita bisa saja akan merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan dan persaingan di dunia bisnis. 

Apa itu Data Analyst dan Jenis-Jenis Data Analytics 
Dalam beberapa referensi "Data analyst" adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset data (data analytics) dengan menggunakan tools tertentu. Jadi ada 2 istilah yang perlu digaris bawahi yaitu Data Analyst (Seorang Analisator Data) dan Data Analytics (Data Analisis), Setelah mengetahui apa itu data analytics tentunya kita harus mengetahui juga dari berbagai macam jenis analisis data misalnya saja seperti:

Descriptive analytics
Data sebagai tren yang nantinya untuk dijalankan perusahan atau memeriksa apa saja yang pernah terjadi di waktu sebelumnya.

Diagnostic analytics
Mempertimbangkan sesuatu yang terjadi dengan membandingkan kumpulan data deskriptif untuk mengidentifikasi dependensi dan juga pola.

Predictive analytics
Yang menentukan kemungkinan hasil dengan mendeteksi kecenderungan dalam analisis deskriptif dan diagnostic.

Prescriptive analytics
Mengidentifikasi bisnis apa yang nantinya harus diambil untuk memberikan nilai signifikan dalam kemampuan untuk mengatasi masalah potensial atau tetap di depan tren industri dan usaha.

Jadi tugas seorang Data Analyst adalah mengumpulkan dan mengolah segudang data hingga menganalisanya untuk melihat tren saat ini untuk membantu perusahaan atau bisnis mengambil keputusan. Tertarik untuk menjadi Data Analyst? Hacktiv8 sebagai penyelenggara pendidikan yang berfokus pada teknologi memiliki program Bootcamp Data Science yang dapat mentransformasi pemula atau siapa pun yang ingin career switch menjadi Data Analyst hanya dalam 12 minggu. Kamu bisa cek info lebih lengkapnya melalui my.hacktiv8.com/DS


Posting Komentar

0 Komentar