5 Manfaat Menyenangkan Tidur Siang di Kantor yang Perlu Anda Ketahui


Ilustrasi
Anda sering tidur siang di meja kerja? Eits, tenang saja. Hal itu lumrah, kok. Justru banyak manfaatnya untuk kesehatan. 

Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa tidur siang dapat memengaruhi aktivitas manusia sehari-hari. Beberapa kantor besar bahkan memiliki ruangan khusus untuk para karyawannya tidur siang. Memang apa saja manfaat tidur siang?

Mengurangi stres
Karyawan kantoran pasti sering merasakan stress. Ada studi yang menyebut bahwa dengan tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur saat Anda hanya tidur selama dua jam di malam hari. Tidur siang ini mampu mengendalikan hormone stress pada tubuh yang biasanya diakibatkan kurang tidur malam. Dengan tidur siang secara teratur, Anda dapat menurunkan rasa tegang yang berpengaruh untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Jadi jika rasa stress mulai datang, sebaiknya tidur siang dengan waktu yang optimal yaitu antara pukul 1 – 3 siang setelah makan siang. Tidur siang juga sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak lelah dan pekerjaan terbengkalai terlalu lama.

Meningkatkan daya ingat
Dengan tidur siang, memori akan meningkat lima kali lipat lebih banyak dibanding dengan yang tidak tidur. Tak hanya itu, orang yang melakukan tidur siang akan mengalami perbaikan terhadap kewaspadaa, memori jangka pendek, suhu intra-aural, dan denyut jantung.

Meningkatkan performa kerja
Tidur siang selama 20 menit sangat ideal untuk meningkatkan keterampilan motorik dan perhatian. Sedangkan tidur siang selama 60-90 menit dapat menidurkan Rapid Eye Movement (RED) yang mampu membuat koneksi baru di otak dan membuat pemecahan masalah kreatif. Sangat cocok untuk Anda yang bekerja di bidang kreatif untuk menemukan ide-ide menarik.

Meningkatkan mood
Ternyata tidur siang lebih baik dibanding dengan meminum kopi di sore atau malam hari. Mengapa? Karena mengonsumsi kafein di sore atau malam hari akan menyebabkan efek negative pada tidur malam Anda. Maka ketika mood mulai menurun, tidur siang jauh lebih baik.

Melawan keinginan makan
Biasanya ketika sore hari, mulut ingin sekali mengunyah camilan manis atau minum minuman soda. Hal ini bisa dilawan dengan sedikit tidur siang. Dengan begitu, keinginan mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa teratasi.

Posting Komentar

0 Komentar